Cara Memperbaiki Galaxy Tab 7 (P1000) Yang Boot loop

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya..
Selalu ada hikmah dari setiap masalah dikarenakan Hp android galaxy tab saya rusak alias tidak bisa masuk ke menu star dan hanya berhenti di logo saja atau bahasa kerennya disebut boot loop. Saya pun mencari tahu cara memperbaikinya dan alhamdulillah saya menemukan caranya. Dan saya akan Berbagi Ilmu tentang Cara Memperbaiki Galaxy Tab 7 (P1000) Yang Boot loop, CAra untuk memperbaikinya yaitu dengan factory reset handphone Android melalui Recovery Mode secara lebih umum.

Ada 2 cara untuk melakukan  Factory Reset yaitu dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.

Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone/tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software.

Recovery mode akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:

  1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. ada 2 Cara untuk melakukan factory reset ini yaitu Cara Pertama  masuk ke menu Setting – Privacy – Factory Data Reset. Sebelum melakukan proses reset pastikan Anda membaca dulu warning yang diberikan. Kalau Anda ingin sekalian memformat SD Card atau Memori Eksternal pastikan beri tanda ceklis pada Erase SD Card. Namun Jika Anda tidak ingin data di SD Card terhapus atau terformat, hilangkan tanda ceklis pada Erase SD Card.

dan cara kedua yakni dengan hard reset.Hard reset pun ada dua caranya yaitu :

1.Cara Pertama :

  • Pertama matikan Samsung Galaxy Tab dengan cara menekan tombol power selama 10 detik atau lebih sampai Samsung Galaxy Tab benar-benar mati atau turn off.
  • Setelah Samsung Galaxy Tab mati, selanjutnya tekan tombol Power dan Tombol Volume Atas secara bersamaan, tunggu sampai muncul Logo di layar.
  • Saat di layar muncul logo lepaskan tombol Power, sedangkan tombol Volume Atas masih tetap ditekan, sehingga Anda akan dibawa ke menu Recovery Mode.
  • Saat berada di Menu Recovery Mode, selanjutnya Anda arahkan kursor menggunakan tombol volume atas/bawah, ke menu Wipe Data / Factory Reset dan tekan tombol Home atau  Power, untuk mulai melakukan Factory Reset Samsung Galaxy Tab

2. Cara Kedua :

  • Sama dengan cara pertama anda harus mematikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android Vol Down + power secara bersamaan> Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
  • Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  • Reboot handphone

Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.

Silahkan dicoba dan semoga berhasil..

wasalam.. 🙂

😯


Cara Memperbaiki Galaxy Tab 7 (P1000) Yang Boot loop

130 respons untuk ‘Cara Memperbaiki Galaxy Tab 7 (P1000) Yang Boot loop

  1. Salam,

    terima kasih atas panduannya, saya coba di galaxy phone saya yg error ( tidak keluar tampilan aplikasi sama sekali, hanya tulisan dan loga samsung ), walaupun beresiko aplikasi yg sdh terinstall jadi hilang, namun HP bisa normal lagi, ..tinggal kita install ulang aplikasi yg hilang tersebut dari android market.

  2. Assalamu Alaikum Wr. Wb

    Pertama terima kasih atas informasinya, Insya Allah sangat berguna. Kebetulan pembahasannya mirip yang saya alami saat ini. Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk menggunakan kartu operator 3 yang sebelumnya menggunakan telkomsel. Hanya saja setiap diaktifkan langsung mati. Pertanyaan saya apakah saya harus melakukan reset factory seperti yang dijelaskan di atas? Dan bagaimana dengan semua data-data kontak, foto dan lainnya, apakah akan otomatis terhapus? GT saya tidak menggunakan memory eksternal, apakah aman jika saya memindahkan data dengan menghubungkannya ke laptop atau komputer?

    Terima Kasih sebelumnya.

    Wassalam

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.
      apakah hp agan mati setelah dihidupkan atau melakukan restar ulang..??klo melakukan restar ulang berarti ada salah satu software yg tdk kompatible atau dikarenakan kinerja hp agan udah mulai berat dan down disebabkan space penyimpanan di memori udah hampir pull apalagi agan tdk membantunya dngn memori eksternal..dan agan bosa melakukan factory reset..
      klo menurut pengalaman ane setelah ane melakukan factory reset ke hp GT ane,yang hilang dan terhapus cuma kontak,message,dan aplikasi yang pernah terinstal sedangkan untuk photo aman tdk ikut terhapus..
      hem klo apakah aman di colokin ke komputer atau laptop ane rasa aman soalnya sistem android hampir sama ama linux jadi agak kebal dengan virus windows..
      sekian moga bisa membantu..
      maaf klo banyak kekurangan..
      Wassalam..

      1. Maaf bru bls komennya gan..
        Wih lama amat resetnya gan..
        Ane waktu itu hard reset hp GT ane tidak sampai sejam udah kelar gan..

        Biasanya hard reset akan memakan waktu yang lama bila memori internalnya udah hampir penuh dengan aplikasi, atau dikarenakan melakukan hard reset tanpa membuka memori eksternalnya..

      2. Assalamu’alaikum wr wb. kalau pny sy rusaknya pakai email and pasword gitu.. paswordnya itu lebih dari lima belas kali… itu cara betulinnya gimana sih??

  3. saya sudah lakukan beberapa kali tetapi hasinya tetap sama masih booting terus (logo SAMSUNG)
    apakah ada solusi lain
    Terima kasih

    1. Maaf bru ane bls komentnya soalnya kemarin2 jaringan ane lemooot banget..hehe

      Wah setahu ane tentang imo z5, maaf nih ya gan ini juga dari komentar teman2 ane yang udah cobain nih hp katanya nih hp cacat banget sekali lagi maaf gan..
      Sebenarnya tidak semuanya sih yang cacat.. Maka dari itu diperlukan keberuntungan dlam membeli produk ini..
      Klo cara resetnya ane blum tau gan soalnya ane tidak pernah cobain ni hp..
      Tapi ane akan berusa cari tahu bagaimana cara untuk ngereset hp imo z5..
      Maaf sebelumnya karena ane blum bisa memberikan jawaban dan jalan keluar dari permasalan agan..

    1. maaf baru bales komennya soalnya baru bisa online gan..
      waduh klo itu mah bukan masalah software lagi gan tapi udah masalah hardwarenya..
      jadi mesti dibawah ke dealernya atau tempat servis handphone soalnya udah menyangkut perangkat beratnya..
      tapi agan juga boleh mengintip artikel TIPS MENYELAMATKAN HP YANG BASAH..
      moga sedikit bisa membantu..

      1. gan isdar, GT P1000 saya koq gak bisa ya, akhirnya tadi saya bawa ke samsung service, katanya mesti ganti mesin. padahal masalahnya hanya loop booting. gimana, gan ? tolong ya.

        Tq…Tq

      2. Klo ke dealer resminya otomatis akan ganti suku cadang walau sbnrnya tdk perlu..kayak di bengkel resmi motor pasti mesti di ganti bgtu jg bengkel resmi handphone..
        Emangnya agan udah hard reset..??

  4. Pak, klo punya saya masalahnya, baru aja dinyalain udah overheat, layarpun panas, dan batrenya cepet abis, gak sampe 4 jam. Kata kakakku overloop ada program yg nyangkut, kata temenku suruh di reset. Solusinya gmn? Reset dari menu ya? Tolong ya. Tks 🙂

      1. Aku pake tablet samsung 7 p1000 …sama kan. Untuk internetan aja, dan menggunakan wifi, gak pake sim card. Setelah wifi dimatikan, lumayan gk terlalu panas, biasany baru dinyalakan sudah panas. Awal wifi dimatikan sbenerny masih sama kondisi panasnya, batre pun cepat habis dan nge restart sendiri. Namun setelah bbrp hari wifi tak dinyalakan, mending tuh. Apakah factory reset mbantu?

  5. berapa lama ya gan kalo reset galaxy tab 7 plus? ane tunggu dari tadi ga kelar2 udah 40 menitan. mohon pencerahannya gan, trims

  6. It’s work!!!!!!!!! Luar biasa Gan, tipsnya benar2 work. Sebelumnya saya panik banget karena tab galaxy 2 saya gak bisa On bahkan di charge pun gak masuk. Padahal tab itu baru 2 bulanan. Iseng, saya googling dgn keyword “samsung galaxy tab 2 tiba tiba mati” dan akhirnya nyasar ke blog ini…setelah tutorialnya saya praktekin, alhalmdulillah, Tab bisa kembali run. Normal pokonya. Udah gitu, langsung aja sy uninstal app yg aneh2 🙂
    Sekali lg terima kasih banyak!!! Blog helping human 🙂

    1. Alhamdulillah gan..
      Ane senang klo bisa membantu sesama..
      Iyyah sebaik.y aplikasi yg jarang banget agan pakai sebaik.y di unistal ja gan..
      Trus sekedar saran klo agan menggunakan browser opera jangan memakai opera mobile karena begitu berat shingga kadang hp hank dan sejenis.y dikarenakan aplikasi ini menggunakan ram yg bgitu besar..jd sebaik.y gunakanlah opera mini aja.h e

    1. Maaf ya gan ane tdk tau soalny ane bru dngr tuh gan..hehe
      klo bleh tahu Emang.y hp.y knpa gan..??
      Gini aja klo mau hard reset agan reset langsung aja ke bagian setting dan agan cari tuh Kembali pengaturan awal atau pengaturan pabrik..insyaAllah semua hp pasti ada..
      Nah kelik yg itu aja gan trus pilih deh..
      Maaf klo tdk bisa banyak membantu gan..
      Tp coba deh agan coba mudah2an aja berhasil..amin..

  7. Gan ane nyoba hard reset, tapi kog lama bgt ya ndak selesai2 ya…..udah lebih 8 jam….gimana nih solusinya? Ane pake p1000 . Ma kasih gan

    1. Tidak selama itu kok gan..yah sekitar 30 menit lbh lah..agan cancel reset.y dngn menekan lama tombol power.y smpai mati..Pastikan memori ekstrnal agan keluarin dlu..trus ulangi lngkah hard reset..klo td agan gunakan power+tombol volume atas skng coba power+down..

  8. wahh terima kasih bgt gan..it works !! Awalnya aku kaget + takut bgt krn GT 2 ku tiba2 gk mau di swipe trus akhrnya mati..dan gk mau di idupin lg. Pdhl sblmnya aku lg browsing.
    Yah meskipun khlngan bnyk app tp alhamdulillah GT nya idup lg. Thx bgt gan 🙂

  9. Saya sudah coba hard reset/wipe GT bisa on lg tp data pada internal memory hilang semua, ada solusi buat ngembaliin data data saya dinternal memorynya kah?

    1. Kayak.y ud tdk bisa tuh gan..
      Kecuali agan udah backup data.y terlebih dahulu..
      Tapu agan bleh coba dngn menghubungkan.y komputer dngn menggunakan kabel data tp harus instal aplikasi undelete di komputer agan dulu..setelah itu coba deh gunakan aplikasi itu untuk Gtab agan melalui komputer..
      Bisa juga agan mendownload aplikasi yg trsedia di market play google untuk mengembalikan data agan..

    1. Ane jg prnh ngalamin yg kayak gitu gan..
      Coba agan matikan kembali hp.y dngn cara tekan dan tahan tombol power..trus coba lg..
      Klo td.y agan gunakan cara power + up skrng pakai power + down..
      Moga2 hp agan bisa kmbali normal lg..
      Aamiin

      1. saya ngalamin yang sama dengan Mufid trus saya coba lg pk yang power + down tp yang keluar tulisan “Downloading… Do not turn off Target !!!” & ada gambar logo Android lg serok sampah. Musti gmna lg yach gan?

  10. mas,GT 2 sya blm ad 3 mnggu,,bru aplikasi standar yg sya instal,,aplikasi GO dll,,
    trus bbrpa hr yg llu sya iseng gnti font,,gx donlot,,cm yg ad aj.
    tp td sore tab sya jd aneh mas,,tiap sya nglkuin ato buka aplikas, foto dll keluar bingkai merah d pinhhir” layar,,cuma sedetik,,tp trganggu sx n sya tkut.
    akirnya sya uninstal bbrpa game n smw aplikasi GO,,sy jg kmblikn font k default,,
    tp kok bingkai merah kaya lampu itu terus muncul y mas??

    apkh sya prlu reset??
    berbahayakah??

    thx

    1. Jujur ane tdk tau apa yang mengakibatkan hp Gtab 2 agan kayak gitu..in cuma dugaan ane aja mungkin agan prnh ngistal aplikasi kamera yang tdk cocok untuk ICS tp in cuma dugaan dan maaf klo ane salah dan asal bunyi..hehe
      Tp klo agan udah kembaliin semuany ke default.y ya mendingan agan reset aja..hehe
      Kan kalo reset kembali ke default jg gan malah lbh bagus krn sistem operasinya akan normal kmbali..

  11. Gan, ane punya samsung tab 7.7, setalah 3 bulan pakai terjadi ng-hang (programnya berhenti sama sekaii dan harus ditekan tombol ON-OFF untuk menyalakan lagi). Hang ini terjd klo sy masukkan sim card dan SD card, tapi klo tdk ada itu dalam samsung, tabnya normal seperti biasa. Di awal-awal tidak terjadi seprti itu, kira 2x kenapa gan? Ma kasih

    1. Kok bisa ya gan..??
      Bkannya Gtab 7.7 mempunyai processor dual-core 1,4GHz gan jadi klo masalah kecepatan udah pasti..tapi biasanya penyebab hp hang dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background yang menggunakan CPU atau prosesor telepon atau ada aplikasi yang berjalan tidak sempurna yang memberatkan sistem.bisa juga karena penempatan aplikasi yang tidak beraturan..dan yang sering terjdi sikarenakan status memori yang low atau space untuk memori internal.y udah hampir habis tinggal dikit jd sangat memberatkan kineraja hp..coba deh agan cek dlu kapasitas memori internal.y trus uninstall beberapa aplikasi yang menurut agan amat sangat memakan space..trus clear chace pada background..

  12. Gan mo tanya,ane pake gtab p1000 tpi gak mau hidup kalo kartu sim di colokan,,kalo kartu sim di cabut aman2 aja dia mas,,, kasih solusi mas bingung padahal udah di reset seperti di atas msih aja gk bsa,,pokok nya pas kalo ada signal data paket pasti mati ni HP..

    1. Emangnya tab nya agan udah berapa bulan pemakaian..??
      Maksudnya ud brapa lama agan milikin tuh GTabny.??
      Apa sebelumnya agan sering buka pasang kartu simnya..??
      Sejak kapan mulai kayak gitu gan..??
      Maaf klo banyak tanya dlu gan kan mesti di teliti dlu, tul ga gan..hehe

      1. ini sudah abies garansi gan 1 tahun lebih,kagak pernah gonta ganti kartu gan..cuman ini terjadi saat ane maen online kemaren lah tiba2 aja kayak gini

      2. Ini gan kalo kartu sim di masukan pasti gk mau hidup ni tab, tapi kalo no kartu sim aman2 aja tahan lama lagi gan, mohon solusi gan makasih

      3. Maaf lama blas.y gan..
        Hp Prnh jatuh tdk gan..??
        Trus agan pakai.y nonstop tdk gan..??
        Maksud ane klo agan main game tuh hp ampe lowbat trus agan cas trus lanjut main game lg..??
        Menurut ane klo agan ud hard reset tp tdk kmbli normal berarti yg rusak hardware.y gan..

  13. Galaxy tab 2 – 10″ , selama ini saya jadikan router wifi agar saya dapat akses internet via laptop cuma kemarin saya lupa charge sisa 20% battre, lupa matiin dan charge , tadi pagi malah gak bisa di charge udh di charge selama 10 jam gak nyala nyala…… 5 menit lalu saya coba tekan power + vol up masih gak mau juga, saya coba power + vol down akhirnya nyala tetapi gak kembali ke menu reset hanya muncul indikator battre lagi ngisi chargenya…..muantab Gan….. 100 % normal tanpa reset……data aman semua…

  14. Begini gan, galaxy tab 2 7″ saya akhir-akhir ini tiba-tiba volume suaranya kadang-kadang ga beres.kadang-kadang muncul suaranya, kadang-kadang muncul tampilan mute nya, kadang-normal sendiri, trus muncul tampilan suara dan ga bs hilang dr layar.jika sya geser ke kanan tiba-tiba balik lagi ga ada suaranya, dan ga bisa dimatikan atau ga bs di shutdown yg akhirnya nunggu sampe baterainya bs sendiri.kira-kira kenapa gan dan mohon solusinya? terima kasih bnyk

  15. min hp sony wt19i saya mengalami boot loop,saya mencoba masuk ke recoveri mode (cwm)
    tidak bisa sedangkan untuk memperbaiki bootloop harus masuk ke cwm…
    kira2 ada cara lain gak !!!!!
    tolong saya kk admin saya lagi panik ne maklum masih newbi
    mohon pencerahannya

    1. Klo untuk pembahasan wt19i pd postingan aq yg di https://solusitipsdanuneguneg.wordpress.com/2012/06/10/cara-recovery-mode-handphone-android/
      Bisa agan cari di kolom komenta..
      Tp ane akan berikan caranya..
      Tp mungkin cara ini mengakibatkan data akan hilang jd tdk seperti CMW yg bsa backup data sbelum di recovery mode..
      1. Agan matikn dlu hpny..
      2. Tekan dan tahan tombol power dan volume (-)..
      3. Tahan sekitar 5 – 10 detik..
      4. Sampai start up..
      6. Setelah start up masuk SETTING-PRIVATE-FACTORY DATA RESET-OK
      semoga berhasil gan..

      1. Ass..

        Mw numpang Nanya master2
        Awal’a GT p1000 ane sering mati2 kalo lg di gunakan,kan ane punya temen di Samsung,ane coba minta tolong ke dia di cek GT ane di service center’a..skrg kondisi’a boot loop seperti yg di jelaskan di atas.
        Saya sudah coba pada GT p1000 saya dengan menekan tombol power dengan tombol up tidak bisa,kemudian saya coba dengan tombol power dengan tombol down..malah keluar android kaya lg nyerok sampah,bertuliskan DOWNLOADING
        do not turn off..

        Mohon info dan bantuan’a para master2

      2. Ane jg pernah kayak gitu gan..
        Waktu tekn power +vol down kluar android lg nyerok tp ane tungguin dan tdk lama kemudian muncul menu recovery gan..
        Tp prnah jg menu recovery.y tdk muncul soalny ane tunggu ampe hampir setengah sejam tetap si android nyerok yah ane matiin n ane coba tekan power+vol up dan menu recoveryny langsung kebuka gan..jadi klo si androidnya nyerok trus agan matiin aja hp.y dan coba cra lainnya..
        Moga berhasil gan..

      3. Ass..

        gini gan,jd pas ane titipin temen ane yg di kerja si Samsung,niat’a cuma minta di cekin aja,ternyata di isntal ulang,nah sewaktu lg jalan instal di tengah2 tuh tab mati,dan boot loop,bisa ga tuh tab idup lg ya??apa ada solusi lain gan.

        Tks

      4. Wa’alaikumsalam wr.wb.
        InsyaAllah bisa gan..
        Selama bukan hardware yg rusak berarti masih bisa di hard reset..
        Coba aja gan..
        Power+vol up atau power+down..

  16. Thanks gan, Nice Info….. Akhirnya tab sy nyala, tp tadi saya cuman recoveryn gk di wipe or factory reset….itu gpp khn ya gan

  17. punya aku gal tab-nya uda coba cara hard reset kyk gitu, uda pencet tombol power+vol up / power+vol down, gaa ngefeek. ttp gaaa mau nyalaaaa.. 😦 gimanaa dong

  18. saya coba yang power + down tp yang keluar tulisan “Downloading… Do not turn off Target !!!” & ada gambar logo Android lg serok sampah. Musti gmna lg yach gan? bingung nich?????

  19. gw dah coba tadi,,alhasill berhasil,,tadinya dikira tab nya blank,,,ternyata setelah pijit power n tombol volume,,semua beres nyala agai deh

  20. assalamualaikum gan kalo udah dicoba pencet power n tombol volume up/down tetep gak bisa nyala gimana ya gan? hp ane samsung gt p1000, tiba2 mati pas batre tinggal 5% sampe skr kalo dicas gak ada respon apa2 mati total, tolong dibantu kalo ada yg punya solusi

  21. assalamualaikum agan, numpang nayak,,,, gt sy ne udah sy coba root, tapi setelah selesai root ternyata gt saya malah bootloot. trus pas saya hidupin keluar logo galaxy, sambil gambarnya acak2an n terakhir cuma diem di logo samsung. mohon bantuanya gan coz cara diatas dah saya cobaa semua tapi masi belum bisa

  22. sory gan sy mau nanya dlm preses reboot apakah hanya ad logo samsung galaxy tab2 saja,,setelah di wipe factory..??brp lama kira2 gan?

  23. Gan ini kenapa samsung galaxy tab 7 Gt- p3100 ane Pas di charger ga connect. Malah di logo battery nya ada silang merah. kata kakak ane itu tab kaya gitu gara” sering dimainin pas lagi dicharger. Mohon solusinya ya gan. Oiya, belum ane service kok.

  24. GAN TABLET ANE SAMSUNG GT P1000 MASALAHNYA DI CHARGER GAK MAU NGISI GAN CUMA SAMPAI 18%,SDH ANE RESET BAWAAN PABRIK SAMPAI ANE FECTORY RESET TETAP KAGA MAU GAN,TRUS DIAPAIN LAGI GAN??ATAU MASALAH HARDWARENYA GAN,MAKASIH GAN SBELUMNYA

  25. gan, samsung tab 2 10″ punya saya, setelah di lock sehabis main game, ditinggal 5 menit, di nyalain lagi g bisa, jadi mati total. waktu dicharge, juga g bisa, terus gimana ya nyalainnya? kira2 kenapa juga ya gan?

  26. gan samsung gt ane gak bisa di charge klo lagi idup terus ada tanda silang merah pada logo bateray, jadinya harus di matiin dulu klu mw nge charge… kira2 gimana y gan caranya biar bisa ngecharge saat hape lagi idup? mohon pencerahannya

  27. Kang…mau nanya. Aku beli fhablet mito t510 , di menu aplikasi apps store kenapa aku mendownload alqur’an dan lainya selalu gagal ada keterangan (” tdk dpt mengunduh kesalahan pada 402 ” ) tapi kalau aku mendwnload file disitus atau digoogle kok bisa. kartu aku 3 dan tsel.
    yg aku pake internetan kartu 3.makasih sebelumnya

    1. 1. Mungkin aja hpnya tdk support ama aplikasi Al-Quran yang mau di download..
      2. Mungkin juga koneksi internet yang agak lemot krn aplikasi google store memerlukan koneksi internet yang cepat..
      3. Biasanya hp pun mendukung dalam kecepatan akses internet..

  28. kang, tablet p3100 saya hang. saya dunlud mp3 quran, lg dunlud file nya tiba2 berhenti, trus layarnya ga bs mati, g bs dimatiin jg.. kalo gt gmana matiin na? apa musti nugu mati batre abis? makasi

  29. kalo wipe factorynya failed gimana yaaa? terus tetep bisa di reboot kan? kalo di reebot tetep cuma ada logo samsungnya aja yaaa? makasih banyak yaaa 😀

      1. siang, saya mau nanya.. tab 2 saya jadi bergaris setelah seharian saya update software yg di minta dari internal settingnya. sampai di rumah, waktu saya nyalain, ada perintah untuk reboot untuk menginstal software yg di update. stelah di lakukan, tabnya yg muncul cuma logo dan setelah itu muncul garis2.. bgmn solusinya?

Tinggalkan komentar