5 KESALAHAN DALAM MEMBUAT BLOG UNTUK BISNIS

Assalamu’alaikum wr.wb.
Bissmillahirrahmanirrahim

Dah lama nih tidak ngisi nih blog akibat aktifitas dan waktu luang yang kurang..hehe
Habis nemu artikel yang menarik nih jadinya langsung ane posting, moga-moga bisa menambah wawasan dan ilmu bagi agan dan aganwati yang nyasar kemari..hehe
Silahkan di baca artikelnya gan..
Banyak perusahaan besar yang membangun blog sebagai pelengkap situs resmi perusahaan. Tujuannya, agar lebih mudah berinteraksi dengan konsumen, dan dengan cara yang lebih kasual. Blog juga menjadi sarana para pebisnis pemula untuk memperkenalkan produk atau jasanya. Bila dikelola dengan baik, blog dapat menarik perhatian orang terhadap bisnis tersebut, selain meraih pelanggan baru, dan mengubah pelanggan yang sudah ada menjadi penggemar. Coba lihat merek seperti Apple, BlackBerry, atau Crocs, mereka tak hanya membuat konsumen memakai barangnya, tetapi juga mempengaruhi orang-orang di lingkungannya untuk turut memakai.Namun menciptakan blog untuk bisnis yang masih kecil tidak mudah. Butuh kerja keras, kemampuan berpikir kreatif tentang bisnis Anda, serta mengembangkan blog yang dibaca banyak penggemar. Jika Anda menghindarilima kesalahan dalam nge-blog berikut ini, peluang Anda untuk membangun blog bisnis yang sukses bukan sekadar mimpi lagi.

Kesalahan 1: Memperlakukan blog seperti press centerInilah kesalahan nomor satu para blogger bisnis. Blog bukanlah tempat untuk memberikan siaran pers. Blogging adalah sarana berbicara, yang menawarkan suatu cara untuk konsumen bagaimana terhubung dengan bisnis Anda pada level baru. Siaran pers justru adalah kebalikannya. Isinya tidak personal, mempromosikan diri sendiri, sehingga kebanyakan pembaca tidak mempercayainya. Jika Anda menggunakan blog hanya untuk mempublikasikan siaran pers, pembaca tak akan tertarik untuk membacanya, apalagi mempercayai isinya.
Tips: Jadikan blog untuk mengumumkan produk atau bisnis Anda, dengan cara penulisan yang orisinal dan lebihkasual. Kemudian, gunakan blog untuk menulis hal-hal lain selain bisnis. Bagikan pikiran-pikiran Anda tentang industrinya, bagaimana kehidupan kerja dari hari ke hari, dan sediakan tips and tricks berbisnis berdasarkan pengalaman Anda.

Kesalahan 2: Tidak mem-posting tulisan secara teraturPernah melihat sebuah blog tertentu secara teratur? Seberapa sering mereka mempublikasikan artikelnya? Kebanyakan blog yang banyak dibaca orang biasanya mem-posting content baru setidaknya beberapa kali seminggu. Blog-blog semacam ini juga berusaha mematuhi jadual untuk membuat tulisan secara reguler, karenabila blog terus menampilkan sesuatu yang baru, pembaca akan terus kembali. Anda pun dapat membangun komunitas pengguna, dan mengubah mereka menjadi penggemar.
Tips: Bila kesulitan mencari ide mengenai apa yang harus ditulis, Anda bisa mengajak tim Anda berdiskusi, atau jalan-jalan ke mal untuk mengamati perilaku pengunjung. Anda bahkan bisa memancing pelanggan untuk memberikan masukan mengenai topik yang ingin ditulis.

Kesalahan 3: Tidak memungkinkan interaksi dengan pembacaBila blogging merupakan sarana berdiskusi, apa artinya jika kita tidak membuka peluang bagi pembaca untuk berinteraksi dengan kita? Manfaatkan kolom blog comments untuk menerima komentar atau kritik dari para pembaca. Undang mereka untuk merespons postingan Anda, atau apa pun yang berkaitan dengan blog tersebut.
Tips: Komunikasi seharusnya berjalan dua arah. Karena itu, tanggapi komentar pembaca, baik yang memuji, memberi saran, atau pun mengkritik. Kemauan Anda untuk terkoneksi dengan pembaca akan mengembangkan komunitas, yang dengan setia akan memberikan umpan balik yang berkualitas. Anda pun perlu berpartisipasi dalam obrolan di blog lain di industri yang sama. Gunanya untuk memperkenalkan blogging brand Anda, dan meraih pembaca baru.

Kesalahan 4: Content baru sulit ditemukan, Blog Anda akan dinilai kurang aplikatif jika pembaca tidak dapat menemukan content-content baru dengan mudah. Pastikan bahwa setiap content baru yang Anda tambahkan segera muncul dan memiliki alur yang mudah dibaca.
Tips: Blog Anda bisa dibuat agar mudah ditemukan dengan me-link-nya secara mencolok dari situs perusahaan Anda, atau memasukkan alamat blog Anda di bawah email. Bisa juga dengan memasangnya di kartu nama. Gunakan RSS feed, atau format data yang digunakan untuk menyediakan content yang telah di-update secara teratur untuk pembaca. Situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk mengabarkan content blog yang baru.

Kesalahan 5: Berharap terlalu banyak, dan terlalu cepatIbarat lomba lari, blogging bukan lomba lari sprint, melainkan maraton. Membangun blog hingga dikenal orang butuh waktu, bahkan pada bulan-bulan pertama Anda pasti merasa menulis untuk Anda sendiri. Untuk membangun komunitas pembaca, apalagi pembaca yang setia, jelas tidak akan terjadi dalam waktu cepat. Jangan mengharapkan feedback secara instan.
Tips: Tetapkan tujuan yang dapat dicapai, dan jangan menyerah setelah tiga bulan. Beri kesempatan setidaknya satu tahun untuk mengirim content secara teratur.

Sumber : kompas.com

Moga bermanfaat wassalam..

Iklan

10 blogger yang berpenghasilan funtastik

Assalamu’alaikum wr.wb.
Bissmillahirrahmanirrahim..

Udah lama banget tdk nulis sesuatu di blog nih..hehe
Kaki in ane membagikan sebuah artikel menarik yang ane temukan di blog sebelah..hehe
Mudah2an artikel in bisa menjadi motivasi untuk para blogger2 indonesia dan untuk diri ane pribadi..
Klo gitu langsung aja baca artikel di bawah gan..

Seberapa besar penghasilan yang bisa diperoleh
sebuah blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan
untuk menghasilkan pundi-pundi uang? Pertanyaan
semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang
ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger
atau sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi
Blogger itu tidak ada gunanya.
Barangkali jawaban pertanyaan ini justru kembali
kepada agan sendiri. Seberapa besarkah penghasilan
yang agan inginkan dari aktivitas blogging? agan
sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan
teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di
Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan.
Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling
hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat
personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan
profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan
memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal
membuat mata siapapun yang melihatnya melotot
keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup
keuntungan dari blognya antara lain:

1. TechCrunch.com Seberapa besar penghasilan yang bisa diperoleh
sebuah blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan
untuk menghasilkan pundi-pundi uang? Pertanyaan
semacam ini banyak diajukan oleh orang-orang yang
ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger
atau sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi
Blogger itu tidak ada gunanya.
Barangkali jawaban pertanyaan ini justru kembali
kepada agan sendiri. Seberapa besarkah penghasilan
yang agan inginkan dari aktivitas blogging? agan
sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya menawarkan
teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di
Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan.
Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling
hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat
personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan
profesional, blogging bisa sangat menguntungkan dan
memberikan penghasilan dalam jumlah yang bakal
membuat mata siapapun yang melihatnya melotot
keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup
keuntungan dari blognya antara lain:

1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh
Michael Arrington, seorang pengacara yang sekaligus
seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi
oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche
blog ini adalah teknologi dan starts up. Penghasilan
per bulan yang diperoleh TechCrunch adalah
$200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan
terutama bersumber dari iklan-iklan banner. Konon
katanya, harga spot iklan selama sebulan di
TechCrunch adalah $10,000! (atau setara
Rp.102.650.000!).

2. Mashable.com
Mashable adalah blog yang dibuat oleh Pete
Cashmore, seorang web technology consultant dari
Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor
tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide”
ini membidik niche social media sebagai sasarannya.
Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini telah
menghasilkan uang $180,000 (atau setara
Rp.1.847.700.000!) setiap bulannya. Sumber
penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.

3. PerezHilton.com
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat
dan dikelola oleh Mario Lavandeira. Mengambil nama
plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche
entertainment dan mengusung tag line “Celebrity
Juice, Not from Concentrate” ini konon menghasilkan
uang $140,000 (atau setara Rp.1.437.100.000!) setiap
bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari
iklan banner.

4. Gothamist.com
Gothamist adalah blog tentang berbagai sisi kota New
York. Dibuat dan dikelola oleh Jake Dobkin, blog
dengan tag line “New York City News, Food, Arts and
Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari
iklan PPC. Per bulan, penghasilan Gothamist ditaksir
mencapai angka $80,000 (atau setara
Rp.816.287.872!).

5. TimothySykes.com
Blog ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara
pribadi oleh Timothy Sykes, seorang pialang dan
manager hedge fund asal Amerika Serikat. Dengan
niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak
mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-
produk affiliasi keuangan. Setiap bulannya, blog
dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau
setara Rp.816.287.872!).

6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up
yang dikelola oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun
2004, Venture Beat setiap bulannya menghasilkan
uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk
Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan PPC.

7. LifeHacker.com
LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-
tips praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh
Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag line
“Tips and Downloads for Getting Things Done” ini
menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!)
terutama dari iklan banner.

8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang
berbagai tutorial dan video tips-tips praktis. Dibuat
oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah editor
tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang
mengusung tag line “Mad Skills” ini menghasilkan
$55,000 per bulannya (atau setara Rp.564.575.000!).
Sumber penghasilan utamanya adalah iklan banner.

9. SmashingMagazine.com
Smashing Magazine adalah blog yang terutama
ditujukan bagi para web designers dan web
developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine
memberikan penghasilan $50,000 (atau setara
Rp.513.250.000!) terutama dari iklan banner. Dibuat
oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada
tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya
berdua bersama Sven Lennartz, seorang web designer
asal Jerman.

10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan
dikelola secara pribadi oleh Steve Pavlina, seorang
guru pengembangan kepribadian asal Las Vegas,
Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal
Development for Smart People” ini memiliki
penghasilan $45,000 (atau setara Rp.461.925.000!)
setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya
berasal dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).

Atau agan bisa baca langsung dari sumbernya gan..
Dan bisa juga agan baca artikel yang serupa di sini gan..
Ane bilang serupa dikarenakan judul dan pembahasan sama tapi untuk masalah jumlah penghasilannya malah berbeda..
Ane tidak tau mana yang bener atau mungkin tiap blog ini mendapatkan info di waktu yang berbeda..hehe

Moga bermanfaat..
Wa’alaikumsalam..

ALEXA RANK CHECKER

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

apa Alexa rank itu..??
menurut ane alexa rank merupakan tool yang digunakan untuk mengetahui peringkat suatu situs..(maaf klo salah)hehe

Alexa traffic rank didasarkan pada tiga bulan mengumpulkan data traffic dari jutaan pengguna Alexa Toolbar dan umumnya dijadikan sebagai barometer kualitas traffic yang baik. Baca lebih lanjut

WARNING : GOOGLE KEBOBOLAN ?

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Pagi ini kebetulan ane baca koran harian Fajar  edisi Senin 11 Juni 2012 di kolom teknologi informasi halaman 7. Ada berita yang menurut ane penting di pojok kiri bawah tentang peringatan google bahwa “Gmail Diserang Hacker” waduh gawat nih, gimana tidak kebetulan akun email ane pakai Gmail.. Baca Lanjutannya

Binatang Piaraan Di Dunia Maya

bissmillahirrahmanirrahim

assalamu’alaikum wr.wr.

Ane punya binatang piaraan juga akhirnya setelah sekian lama keinginan itu tidak terealisasikan disebabkan Ortu tidak mengizinkan untuk memelihara binatang di rumah.. Padahal ane suka banget sama binatang, saking pengennya dulu ane maniak banget main tamagochi..Agan2 tau kan tamagochi itu apa..??klo tidak tau cari tau dulu gieh..!!hehe Baca Lanjutannya

Ditolak Menjadi Adsense Google

bissmillahirrahmanirrahim

assalamu’alaikum wr.wr.

Ternyata susah untuk menjadi adsense google.. 😦

ane kirain permohonan ane untuk ikut dalam program adsense bisa di terima tapi ternyata tidak..:'(

Ane di tolak gan.. Tapi tidak apa2, kan masih ada kesempatan Minggu depan  ane akan cobalagi untuk daftar insyaAllah  diterima..Aamiin..kan baru sekali ane di tolak, bukanya ditolak itu belum tentu diterima gan..hehe 😀 Baca Lanjutannya

Cara Menyiasati Mengubah Nama Domain Blog WordPress

bissmillahirrahmanirrahim

assalamu’alaikum wr.wr.

Berhubung kemarin ane kebingungan gimana caranya untuk mengubah alamat URL atau nama domain ane, soalnya ternyata untuk hosting gratisan seperti yang ane pake ini tidak bisa mengubah-ubah nama domain. Pokonya udah permanen dah itu nama domain..hehe

dan Alhamdulillah ane temuin solusinya, tapi tetap tidak bisa diganti nama domainnya cuma menyiasati aja..hehe 😀

maksud ane menyiasati yaitu dengan membuat blog baru tapi isinya sama dari blog yang dulu baik itu postingan dan halamanya. dengan cara menggunakan pasilitas Eksport dan Import yang tersedia di perkakas wordpress..(kayak distributor aja..:D:D)

caranya mudah banget gan.. Baca Lanjutannya

Membuat Tuliasan berkedip-kedip di WordPress

bissmillahirrahmanirrahim

assalamu’alaikum wr.wr.

Karena penasaran sama sebuah blog sahabat. kok bisa tulisan di postingannya bergerak atau berkedip-kedip..??karena menurut ane tulisan yang bergerak dan berkedip itu sangat menarik apalagi digunakan sebagai penanda hal2 yang penting.

dari rasa penasaran, ane cari tau dan alhamdulillah ane dapat gimana caranya buat tulisan di wordpress berkedip kayak gitu..Nah karena ane udah tau caranya, maka ane akan akan bagi ke agan2 sekalian yang mungkin juga blum tau caranya.. Baca Lanjutannya

Cara Memasang Alexa Di WordPress

bissmillahirrahmanirrahim..

assalamu’alaikum wr.wb.

hem gimana caranya masang cara masang Alexa di wordpress ya? padahal kita tahu program wordpress.com tidak bisa mengakses kode html yang berbentuk java script contoh <script>……dst sedangkan kode yang diberikan oleh Alexa adalah kode java script sehingga secara otomatis rangking web yang diberikan tidak bisa terpasang pada wordpress…….pusing dan buat bingung. So saya tanya aja ama om google. dan alhamdulillah saya dapat caranya. tenyata caranya gampang banget gan. hehe.. Baca Lanjutannya