TIPS MENYELAMATKAN HP YANG BASAH

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Menjatuhkan ponsel ke toilet, ke kolam renang, ke dalam genangan lumpur, ke dalam mesin cuci dan bahkan ke dalam segelas jus buah kerap sekali terjadi. Apalagi Hp yang terjatuh ke dalam air merupakan hp yang lumayan mahal dan canggih seperti IPod dan Android oh iyya Balckberry juga, pasti akan amat sangat menyakitkan (lebay mode on : hehe) dan kita ketahui bahwa barang-barang electronik sangat anti dengan yang namanya air.. Jika itu terjadi  apa yang harus dilakukan..??

Tips menyelamatkan hp yang basah
Ponsel yang rusak dikarenakan terendam air perlu segera untuk di perbaiki. karena jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah sehingga banyak yang mesti di perbaiki..

1. Secepat mungkin mengeluarkan hp yang terjatuh ke Air. Sebagian besar ponsel memiliki penutup plastik cukup ketat. Butuh waktu sekitar 20 detik untuk air bisa melewati selimut dan masuk ke dalam..

2. Matikan Handphone. Segera matikan hp agan setelah hp dikeluarkan dari air., Kemudian lepaskan baterai dengan hati-hati dan biarkan kering.

3. Keluarkan kartu SIM. SIM Anda mungkin berisi banyak data penting seperti informasi kontak dan hal lainnya. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan itu. Mengeluarkannya sesegera mungkin dan biarkan kering..

4. Keringkan ponsel Anda. Jelas, ini adalah langkah yang paling penting. Anda harus menghilangkan air sebanyak mungkin dari ponsel.goncang-goncangkan (dengan hati-hati) dan gunakan kain katun atau tissu untuk menyerap air.

Ada beberapa cara untuk mengeringkan Handphone yang basah..

*  Hair Dryer: Selain fungsinya untuk mengeringkan rambut bisa juga di gunakan untuk mengeringkan hp yang basah.. Nyalakan Hair Dryer dan arahkan ke  ponsel dengan perhatian maksimal untuk baterai.. Ini hanya berguna untuk mengeringkan bagian luar. Sebenarnya ini bukan cara yang tepat untuk mengeringkan ponsel yang basah, karena ponsel akan rusak bila mendapatkan suhu yang panas. sehingga  harus berhati-hati ketika menggunakan pengering rambut atau blower.
* Alkohol: Ambil tempat atau wajan  dan isi dengan alkohol setelah itu rendam hp ke dalam alkohol. Alkohol akan menggantikan air yang tersisa di perangkat. Goncang wadah sedikit agar alkohol bisa menyerap masuk. Angkat perangkat dan keringkan sekitar satu atau dua jam. tunggu sampai benar-benar kering.
* Beras : Ini adalah metode yang menarik dan terbukti dapat pengeringan ponsel. Pasang perangkat elektronik dalam sebuah kantong plastik besar berisi beras. Nasi bertindak sebagai pengering untuk menghilangkan air dari udara dan membantu pengeringan perangkat Anda keluar lebih cepat.

JANGAN Panic: saya ulangi, JANGAN panik dalam situasi apapun. Anda akan dapat bertindak lebih baik jika Anda mampu mengontrol emosi dan tidak panik.
JANGAN mengaktifkan handphone:  Tapi jangan pernah mencoba untuk menyalakannya ketika masih basah.
JANGAN panaskan handphone: Agar handphone cepat kering, Agan mungkin berpikir untuk menggunakan hair dryer dengan kecepatan tinggi atau pembersih vakum atau sinar matahari langsung. Ini merupakan tindakan yang salah. Menghindarikan handphone dari suhu panas  adalah kunci untuk menyelamatkan ponsel yang basah.

Setelah menunggu satu atau dua hari, pastikan semuanya bersih dan kering kemudian pasang kembali baterai  dan lihat apakah masih bisa bekerja atau tidak. Jika telepon Anda tidak bekerja. cobalah membawa ponsel Anda ke dealer resmi..hehe

Artikel ini adalah tutorial yang ane ambil dari WikiHow tentang cara menyelamatkan alat elektronik yang basah.

2 respons untuk ‘TIPS MENYELAMATKAN HP YANG BASAH

Tinggalkan komentar