JELANGKUNG VERSI ASIA DAN BARAT

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Pasti agan2 udah tidak asing dengan yang namanya Jelangkung,

Apakah Jelangkung itu..??

klo menurut orang kampung ane  Jelangkung adalah sebuah ritual pemanggilan roh dengan menggunakan media tertentu..di Indonesia, ritual ini  sangat populer sampai-sampai di buatkan film. Nah konon kabarnya Mitos tentang Jelangkung kuat dugaan berasal dari sebuah kepercayaan bangsa China terhadap adanya kekuatan roh Poyang dan Moyang (bandingkan dengan sebutan: Nenek Moyang) yaitu ‘Cay Lan Kung’ dan ‘Cay Lan Tse’. Sementara Untuk persoalan kepercayaan serupa itu, di Jawa dikenal istilah Ni Towong. Hal ini bisa dipandang sama disebabkan oleh kisah mitos dan kepercayaan yang menyelimuti keduanya tidak ada perbedaan..

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Ritual jelangkung yang dikenal di Indonesia menggunakan media boneka kayu yang sarat akan kekuatan ghaib dimana para pemainnya mengundang roh untuk datang dengan menyebutkan mantra”jelangkung2 disini ada pesta … Datang tidak dijemput pulang tidak di antar.”, setelah makhluk halus itu masuk pada benda tersebut biasanya pemain akan menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya.. itu sekilas tentangRitual Jelangkungyang di lakukan di Indonesia..

Menariknya Ritual ini tidak hanya di lakukan di Indonesia saja tapi juga dilakukan di Negara-negara Maju seperti Jepang dan Amerika.

1. Jelangkung ala Asia (jepang)

Ritual Jaelangkung di jepang sejenis permainan petak umpet, tentu saja yang kita temani bermainpetak umpet merupakan roh yang di panggil dan di masukkan kedalam sebuah media, di jepang menggunakan media boneka utuh. tapi menurut ane agan2 jangan berani melakukan ritual ini di karenakan sangat berbahaya dan resiko di tanggu sendiri.. bisa agan baca artikelnya di sini.

2. Jelangkung ala Barat (Amerika dan Sekitarnya).

Biasanya pemanggilan makhluk gaib menggunakan media boneka tapi di negar-negara barat menggunakan media cermin.. Jelangkung di Indonesia  untuk mendatangkan mahluk gaib memerlukan pangilan  biasanya kita akan membaca mantra “Datang nggak dijemput, pulang nggak diantar.” Sementara di negara-negar barat harus mengucap, “Mary Worth, Mary Worth, I believe in Mary Worth” secara berulang-ulang  sampai hantu dalam cermin tiba.

gambar horor

Siapakah Bloody Mary atau Mary Worth? Bisa agan baca artikelnya disini.

Sekian..

wassalam..

2 thoughts on “JELANGKUNG VERSI ASIA DAN BARAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s