TERNYATA KOMIK INDONESIA MULAI DIMINATI PASAR LUAR NEGERI

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr

Waktu ane jalan-jalan di kompas.com, ane menemukan artikel yang menurut ane sangat menarik (soalnya berhubungan ama komik sih):D:D.. sesuai dengan judul di atas bahwa ternyata komik indonesia mulai di minati pasar luar negeri..mestinya kita bangga dengan karya anak bangsa sendiri yang ternyata tidak kalah sama manga dari jepan.. Tapi masalahnya kok yang meminati komik indonesia justru orang asing sedangkan kita sendiri yang notabene sebagai bangsa indonesia tidak terlalu antusias bahakan jarang sekali melirik komik-komik buatan bangsa sendiri.. Coba baca artikel di bawah ini yang ane copas dari kompas.com:mrgreen:



Komikus Indonesia, Vivian Wijaya atau Dr.Vee
Wa

KOMPAS.com— Komikus dalam negeri mengatakan, produk industri kreatif karyanya mulai diminati pasar nondomestik seperti kawasan Amerika dan Eropa.

Menurut pengakuan salah seorang komikus Burhan Arif saat ditemui di Semarang, Kamis, hasil karya komikus asal Indonesia sudah mendapat tempat di hati seniman luar negeri.

“Kami lebih banyak mendapat pesanan komik dari luar negeri, seperti Amerika, Hongkong, Australia, Afrika Selatan, dan Yunani,” jelas pria yang juga punggawa Studio Komik Papillon di Semarang.

Menurut dia, pasar luar negeri lebih dapat memberikan apresiasi yang tinggi dibandingkan dengan pasar lokal dan produk yang bernilai karya seni bisa dibayar dengan nilai yang tinggi di mancanegara.

“Untuk setiap proyek pembuatan komik, seperti tahap ilustrasi sampai pewarnaan digital, kami bisa mematok tarif hingga 1.500 dollar AS,” katanya.

Biaya sebesar itu, kata dia, juga tergantung dari tingkat kerumitan dan detail gambar komik itu sendiri.

“Kalau untuk tahap pewarnaan digital saja, biasanya kami mematok tarif sampai 200 dollar AS untuk segmentasi pasar luar negeri,” ujarnya.

Ia mengaku studio komik miliknya dapat menghasilkan omzet hingga Rp 20 juta per bulan dari pendapatan mengerjakan proyek pesanan komik dari luar negeri.

Sementara untuk pasar dalam negeri, kata dia, tidak bisa berharap banyak untuk mendapatkan keuntungan finansial.

“Masyarakat di Indonesia belum bisa mengapresiasi karya komikus dalam negeri sehingga kami tidak bisa menjual produk kami dengan harga pantas,” katanya.

Kendati demikian, Burhan mengaku banyak komikus Indonesia yang tetap eksis hingga kini walaupun tidak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

“Mereka bertahan hidup dengan mengandalkan pesanan dari luar negeri, komik-komik hasil coretan komikus lokal malah sering menghiasi etalase buku di negeri asing,” ujarnya.

Pemilik studio komik yang sudah meluncurkan beberapa komik ke pasar dalam dan luar negeri, seperti komik berjudul Boneka Kematian, komik serial tokoh nasional Pangeran Diponegoro, dan komik “Minx”, ini, menyatakan sudah cukup senang jika karya mereka dikenal masyarakat lokal walaupun belum pada tahap apresiasi secara finansial.

Nah tuh kan ternyata karya anak bangsa sudah bisa bersaing dengan karya negeri sakura.. Jadi ayo kita dukung karya anak bangsa.. Dan tentu saja beli dan baca komik buatan negeri sendiri..

baca juga

2 thoughts on “TERNYATA KOMIK INDONESIA MULAI DIMINATI PASAR LUAR NEGERI

  1. Hm~,menurut kakak anak seumuran saya bisa jadi komikus gak ya? Sekarang saya anak SMA umur saya 15 thn,dan saya juga sering membuat komik saya sendiri dari masuk SMP. Saya suka membuat komik,kakak kenal dengan seorang komikus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s