JENIS-JENIS ORIGAMI

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Sebelum keJenis-jenis Origami sebaiknya kita ketahui dulu pengertian dari Origami.. Menurut Wikipidia Origami berasal dari kata ori yang berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas”, yang  merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Untuk mengetahui Sejarah dan Latar belakanganya baca di Wikipidia aja gan disini.

Banyak sekali bentuk yang dapat di buat dari kesenian melipat kertas ala origami ini, seperti membuat origami bentuk Bunga, Origami Bentuk Hewan, origami kotak, dan bentuk lainnya.

Dan Jenis Origami pun Bermacam-macam, Waktu ane lagi cari-cari di om gugel ternyata ada banyak blog yang membahas tentang jenis-jenis origami dengan artikel pembahasan dan bahasa yang sama persis entah siapa yang pertama kali ngeposting artikel tentang jenis origami ini. Ada beberapa macam jenis origami yang ane kutip dari salah satu blog tersebut di http://olvista.com/hobby/macam-macam-origami/ antara lain:

1. Origami Bergerak (Action Origami)
Origami tidak hanya terdiri dari objek diam, tetapi juga ada yang bisa bergerak. Biasanya gerakan origami dibantu dengan tangan untuk membuat gerakan seperti terbang, melayang, mengepakkan sayap, melompat, atau membuka mulut. Contoh origami aksi yang populer adalah origami kodok yang dapat melompat jika ujung belakangnya di tekan, pesawat terbang atau senjata rahasia ninja yang  bisa terbang jika dilempar.

2. Origami Moduler (Modular Origami)
Origami modular kadang kadang disebut juga origami 3D (tiga dimensi). Origami modular adalah origami yang tersusun dari beberapa lipatan kertas yang berbentuk sama. Biasanya lipatan modul berbentuk sederhana, namun untuk menyusunnya menjadi objek tertentu biasanya cukup sulit.

3. Origami Basah (Wet-Folding Origami)
Origami basah adalah seni melipat kertas dimana kertas yang digunakan dilembabkan atau dibasahi. Setelah bentuk origami selesai lalu dibiarkan kering. Kertas yang lembab lebih mudah dibentuk menurut geometri yang lebih fleksibel dibandingkan dengan kertas kering. Keterampilan seniman origami basah tidak hanya melipat tetapi juga membentuk permukaan objek seperti kekukan dan tonjolan.

4. Origami Murni (Pureland Origami)
Origami murni adalah jenis seni melipat kertas dengan aturan yang ketat yaitu hanya boleh menggunakan lipatan langsung. Jenis origami ini dikembangkan oleh seniman origami Inggris yang bernama John Smith pada tahuun 1970-an untuk membantu orang berajar origami atau orang mempunyai keterbatasan fisik motorik.

5. Tesselasi Origami (Origami Tesselations)
Tesselasi adalah seni membentuk susunan ubin pada bidang dua dimensi sehingga membentuk bidang beraturan. Tesselasi origami adalah seni membentuk susunan ubin menggunakan kertas yang dilipat sedemikian rupa sehingga menghasilkan bidang yang beraturan.

6. Kirigami
Dalam seni origami tradisional tidak dikenal istilah kirigami, istilah kirigami sendiri baru dikenal pada abad ke-20. Kirigami adalah seni melipat dan memotong kertas untuk membentuk ojek seni. Sebagian orang memasukkan kirigami sebagai bagian dari origami karena kemiripan nama dan adanya unsur melipat kertas pada seni ini.

Nah dari Jenis yang ada di Atas ane baru bisa membuat Origami Murni (yang cuma menggunakan lipatan langsung seperti membuat kodok dan lainnya) dan Kirigami yang menggabungkan teknik lipatan dengan guntingan (seperti membuat kartu POP Up) yang belum sempat ane posting..hehe..

Itulah dari jenis dari origami.

wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s