VIRUS-VIRUS YANG MENYERANG ANDROID VERSI SOPHOS

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Agan-agan pasti sudah pada tahu yang namanya virus kan..??!! Virus yang ane maksud ini bukan virus flue dan sejenisnya tapi malware atau virus yang menyerang komputer bahkan hp.. Dimana virus merupakan  program yang dibuat oleh seorang programmer yang bersifat merusak. Contoh virusnya adalah Virus, Worm, Trojan, Backdoor, Malware, Spyware. Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah KasperSky, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, dan McAfee.

Nah bagaimana klo virus tersebut menyerang handphone Android agan..??

Sebuah perusahaan antivirus yang mengeluarkan aplikasi antivirus untuk platform Android, Sophos, mengemukakan sebuah penemuan tentang malware Android. Sophos telah merekap semua data yang mereka peroleh dari aplikasi produk antivirus mereka yang terpasang pada perangkat Android di 118 negara di dunia. Dari hasil rekap data yang masuk tersebut Sophos mengemukakan 5 macam malware yang paling banyak menyerang perangkat Android di 118 negara tersebut.

1. Andr/PJApps-C.

Ketika Sophos Mobile Security  mendeteksi sebuah aplikasi sebagai andr / PJApps-C itu berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Tapi jenis virus ini tidak terlalu berbahaya tapi intensitas penyebarannya sangat banyak dan cepat. ini merupakan jenis virus trojan

2. Andr/BBridge-A.

Juga dikenal sebagai BaseBridge, malware ini menggunakan eskalasi hak istimewa memanfaatkan untuk mengangkat hak dan menginstal aplikasi tambahan berbahaya ke perangkat Android Agan. Menggunakan HTTP untuk berkomunikasi dengan server pusat dan mengrimkan informasi penting yang ada di hp android agan.

Dan bahayanya lagi virus Aplikasi  ini dapat mengirim dan membaca pesan SMS, yang dikenakan biaya bagi pengguna hp android yang terjangkiti oleh virus ini. Bahkan, dapat megirim kembali pesan masuk SMS  dan secara otomatis menghapus berita terkirim bahwa agan telah melakukan pengiriman pesan singkat atau SMS.

malwer inipun termasuk Trojan.

3. Andr/BatteryD-A.

Jenis virus Ini menyerupai Aplikasi  “Battery Doctor” yang berfungsi untuk menghemat baterai pada perangkat Android Agan. Tapi sebenarnya aplikasi ini mengirimkan informasi penting tentang aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam hp android agan ke server menggunakan HTTP, dan akan mengakibatkan tiap kali membuka aplikasi pada hp android akan menampilkan begitu banyak iklan. Malware ini pun termasuk trojan..

ini cocok nih bagi yang suka beriklan..hehe

4. Andr/Generic-S.

Carakerja Malware ini sama dengan Andr/BBridge-A. yang mengirimkan SmS premium tanpa sepengetahuan si empuhnya hp..

5. Andr/DrSheep-A.

Apakah agan tahu tentang  Firesheep? Firesheep ini merupakan Alat desktop yang dapat memungkinkan seorang hecker untuk membajak  akun Twitter, Facebook dan Linkedin dalam lingkungan jaringan nirkabel. Dan cara kerja malware ini pun dengan firesheep. Virus ini pun termasuk dalam tipe trojan

Dan masih ada beberapa malware Android lainnya yang paling sering menyerang:

a. Andr/DroidRt-A

dalah serangkaian eksploitasi eskalasi hak istimewa yang dapat memungkinkan seseorang untuk mendapatkan akses root ke perangkat Android.

b. Andr/Opfake-C

adalah aplikasi Opera palsu yang dapat menginstal paket lain berbahaya Android dan mengirim pesan SMS ke nomor premium.

c. Andr/Boxer-A.

Serupa dalam hal fungsionalitas untuk andr / Opfake-C, malware ini bertindak sebagai installer palsu untuk browser Opera update, Skype, Anti-virus, Instagram dan banyak aplikasi populer lainnya.

Fake anti-virus on Android

Fake Instagram app

Malware tersebut dapat menginstal paket lain berbahaya Android dan  diduga mengirim pesan SMS. untuk menghindari deteksi aplikasi ini membuat file biner APK berbeda setiap beberapa kali melakukan download.

Jika agan ingin  melindungi smartphone Android atau tablet terhadap ancaman,silahkan agan download antivirus sophos mobile security ” free download of Sophos Mobile Security“.

Atau mendownload Anti virus legal untuk android pada situs penyedia aplikasi android seperti Google Play Store.

Ane rasa cukup sekian, moga bermanfaat..

sumber : nakedsecurity.sophos.com

wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s