TIPS MEMBUAT KOMIK ACTION BY SWETA KARTIKA

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Yang bisa gambar dan pengen buat komik ataupun yang tidak bisa menggambar tapi merupakan pecinta komik dan ingin tahu tentang tips cara membuat komik action. Nihh ane kasih tips dari bang Sweta Kartika salah satu member dari ngomik.com

gambar di atas merupakan contoh komik action dimana monster yang terkena pukulan terpental jauh dan tersungkur ditanah. Ada kesan seakan gambar dipanel ini bergerak. dan inilah kutipan dari Tips Membuat Komik Action By Sweta Kartika.:

Dalam membuat komik bergenre ACTION, diperlukan setidaknya tiga formula yang harus dimasukkan ke dalam komiknya:
1. Garis Movement (panel#01)
Garis movement adalah faktor utama dalam komik action untuk memberikan kesan “gerak” di dalam aksinya. Garis ini bisa berupa garis lurus, lengkung, ataupun acak, selama kesan gerak di dalam panel tersebut tercapai. Garis Movement juga membantu pembaca untuk memfokuskan visual pada satu objek di dalam panel/halaman. Selain itu, garis movement juga sangat membantu pembaca dalam mengarahkan direksi arah baca komik. Garis ini bisa dibuat dengan software ataupun manual, dua-duanya sah selama tujuan menyampaikan esensi cerita tercapai.

2. Kaligrafi Efek Suara (panel#02)
Mengapa kaligrafi? Efek suara di dalam komik sangat berperan memberikan nilai seni serta unsur keterangan adegan. Jika penulisan efek suara ini tidak sesuai, yang terjadi malah merusak sensasi cerita di dalam panel/halaman komik. Dengan kita menguasai kaligrafi SFX (Sound Effects) ini, kita bisa membawa pembaca dalam memahami efek suara apa yang timbul saat menyatukannya dengan adegan action. Pembuatan Kaligrafi SFX bisa dengan memilih font yang tepat di komputer, atau bisa juga dengan menempelnya secara manual. Dan akan menjadi lebih bagus bila kita bisa mengawinkan Kaligrafi SFX ke dalam adegan action yang kita buat, sehingga kedua unsur ini bisa bersenyawa secara cantik. Komik Manga sangat indah mengawinkan huruf lokal Jepang untuk membuat SFX. Hal ini bisa kita pelajari dengan berlatih mengkaryakan kaligrafi dengan huruf alphabet juga. Bahkan kalau bisa kita dapat membuat SFX dengan kaligrafi huruf tradisional Nusantara. Semua wajib dicoba.

3. Dramatisasi Angle (panel#03)
Faktor terakhir yang menentukan esensi penuh dalam komik action adalah pemilihan angle di dalam panel/halaman. Angle yang salah dapat mengurangi esensi dramatis di dalam komik. Untuk menentukan dramatisasi angle ini, kita juga harus memahami terlabih dahulu esensi utama cerita, sehingga kesan action yang kita inginkan dapat tersampaikan melalui angle komik kita. Dengan menguasai angle, kita bisa mendeliver kesan dramatis dan epic di dalam action, tidak hanya sekedar menyampaikan ceritanya saja.

Selamat berkarya!

Sweta Kartika
#ComicSense

 

Jadi intinya sebisa mungkin gambar komik kita buat bisa tersampaikan sama pembaca dan seolah pembaca merasakan efek dari gerakan atau action yang kita buat dalam komik kita.

ane kira cukup sekian, dan terima kasih sama bang Sweta Kartika tentang ilmunya karena kebetulan ane adalah pecinta komik yang punya angan2 menjadi pembuat komik..hehe🙂

semoga ada manfaatnya..

wasalam..

5 thoughts on “TIPS MEMBUAT KOMIK ACTION BY SWETA KARTIKA

    • tergantung momennya bro, lihat aja contoh komik yang bagus sebagai refrensi, dan membahas tentang komik, apalagi ngomik” itu hal yang butuh kesabaran serta tingkat konsentrasi tinggi. namun kalau memang serius, pasti bakal bisa, terus gali ilmunya dan banyak – banyak latihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s