METODE MENDETEKSI KEBOHONGAN

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

menurut wikipedia Bohong adalah pernyataan yang salah dibuat oleh seseorang dengan tujuan pendengar percaya. Setiap orang pasti pernah berbohong, baik itu untuk menutupi kesalahannya ataupun menutupi kesalahan orang lain. Bahkan berbohong dalam Islam dipandang sebagai salah satu sifat kekufuran dan kemunafikan. Di dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah mereka yang tidak mengimani (mempercayai) tanda-tanda kekuasaan Allah. Mereka adalah kaum pendusta”. (An-Nahl: 105)

Biasanya orang yang dibohongi dan mengetaui bahwa dirinya telah dibohongi akan merasa sakit hati dan dikhiaanati, apalagi yang bohong itu adalah teman dekat kita. contoh bohong yang sering terjadi di kalangan remaja saat ini ” seorang sahabat mengaku tidak tertarik sama pacar kita padahal dia punya niat untuk memacari pacar kita” wih sadis gan. Maka dari itu tidak ada salahnya klo kita mempelajari atau mengetaui tamda2 orang yang lagi berbohong. sebenarnya ada beberapa cara yaitu dengan memperhatikan raut wajah atau dengan membaca bahasa verbal.  Pertama-tama Amati Wajah mereka :

1. Carilah microexpressions. Microexpressions adalah ekspresi wajah yang sangat cepat dan halus pada wajah seseorang untuk sepersekian detik dan mengungkapkan emosi sejati seseorang bawah sadar mereka. Beberapa orang mungkin tidak dapat membaca gerakan ekspresi wajah tersebut, tetapi hampir setiap orang dapat dengan mudah melatih untuk dapat mendeteksi microexpressions. Biasanya, pada orang yang berbohong, microexpression mereka akan menunjukkan emosi tertekan, ditandai dengan alis ditarik ke atas ke arah tengah dahi.

2 . Orang cenderung berkeringat lebih ketika mereka berbohong. Namun, hal ini tidak selalu dapat dijadikan acuan bahwa orang tersebut lagi berbohong. Dikarenakan beberapa orang mungkin berkeringat lebih banyak hanya karena gugup atau rasa malu.

3. Perhatikan gerakan mata orang tersebut. Anda biasanya dapat mengetahui apakah seseorang mengingat sesuatu atau melakukan sesuatu berdasarkan gerakan mata mereka. Ketika seseorang mengingat rincian, mata mereka bergerak ke kanan (kanan Anda). Ketika seseorang membuat sesuatu, mata mereka bergerak ke kiri. Orang juga cenderung untuk berkedip lebih cepat karena mereka berbohong.
Berlawanan dengan kepercayaan populer, pembohong tidak selalu menghindari kontak mata. Manusia secara alami memutuskan kontak mata dan melihat sesuatu yang bergerak untuk membantu mereka fokus dan ingat. Seorang pembohong ulung sengaja membuat kontak mata tampak lebih tulus.

4. Menonton tenggorokan mereka. Seseorang mungkin akan selalu mencoba untuk membasahi tenggorokannya ketika mereka sedang berbohong dengan menelan atau membersihkan tenggorokan mereka untuk meredakan ketegangan dikarenakan kebohongan yang telah diucapkan.

Yang kedua Perhatikan perilaku bagian tubuh lainnya. Perhatikan tangan, lengan dan kaki, yang cenderung terbatas, kaku, dan akan refleks bergerak tanpa disadari ketika orang itu berbohong. Tangan mereka dapat menyentuh telinga wajah mereka, atau bagian belakang leher.

Perlu diingat bahwa sinyal-sinyal ini mungkin merupakan tanda kegelisahan dan bukan tanda kebohongan. Mereka mungkin tidak selalu gugup karena mereka berbohong.

Tapi bila orang tersebut melakukan semua tenda2 yang telah dijabarkan di aatas maka bisa ane pastikan tuh orang lagi berbohong ama agan..hehe

semoga bermanfaat..

wasalam

3 thoughts on “METODE MENDETEKSI KEBOHONGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s