TIPS MENJAWAB PERTANYAAN PADA TES WAWANCARA KERJA

Bismillahir rahmaanir rahiim

assalamu’alaikum wr.wr.

Biasanya nih orang menganggap enteng yang namanya tes wawancara, padahal banyak orang yang beberapa kali jatuh di sesi wawancara ini (termasuk ane dulu)..maka dari itu sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi tes wawancara dengan sungguh-sungguh kalo perlu dengan persiapan yang lebih siap daripada ikut pertempuran(lebay)..hehe

Nah maka dari itu yang mesti disiapkan untuk tes wawancara ini salah satu yang paling penting yaitu bagaimana kita memberikan jawaban yang memuaskan pada pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara..Dan juga hindari bertanya sebuah pertanyaan yang dapat mengurangi poin agan (bisa baca disini)ane juga udah posting CONTOH PERTANYAAN WAWANCARA KERJA SERTA MAKSUD DARI PERTANYAAN TERSEBUT di postingan yang lalu..Dan Postingan ini bisa di katakan sebagai pelengkap aja bukankah lebih banyak contoh  lebih bagus.. klo begitu ini beberapa tips Menjawab Pertanyaan Pada Tes Wawwancara Kerja :

1. Berapa gaji yang Anda minta?
Jawab: Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan.

2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab: Pilih potensi Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, “Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor beres semua.”

3. Apa kekurangan Anda ?
Jawab: Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret. Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan kelebihan Anda.

4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab: Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi bintang sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.

5. Mengapa Anda meninggalkan kantor yang lama?
Jawab: Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya begitu, ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda tidak melihat ada ‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa Anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang lebih baik.

6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab: Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk mengatasi masalah

7. Apakah Anda punya pertanyaan?
Jawab: Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang terfokus pada kantor baru ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah punya website. Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya, apakah karir Anda akan berkembang di sana.
Apa yang menjadikan seseorang selalu sukses untuk menggapai impiannya? Tampil beda dan memiliki keunggulan komperatif mungkin salah satu yang menjadikan Anda selalu berada di dalam posisi terdepan!
Termasuk dalam meraih karier dan mengungguli orang lain dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Ada beberapa trik atau strategi yang perlu disiapkan agar Anda sukses dalam melewati tahapan untuk mengejar karier yang diidam-idamkan..

(sumber : TRIBUNNEWS.COM)
Modal nekat saja, pasti tak cukup..Jadi sebaiknya agan membuat persiapan terlebih dahulu seperti dengan melatih diri untuk menghadapi tes wawancara..klo ane dulu sih latihannya di depan cermin ama bayangan ane sendiri..hehe

Dan berlatihlah dengan metode cara menjawab pertanyaan tes wawancara seperti kutipan diatas..walau sebenarnya tidak semua jenis pertanyaan di atas akan masuk atau ada di setiap wawancara kerja, seperti poin ke 4 yang menanyakan “dimana anda menanyakan diri anda 5 tahun lagi ” , pertanyaan ini amat sangat jarang ditanyakan oleh pewawancara (ini menurut pengalaman ane) tapi untuk poin 1,2,3,dan 5 merupakan pertanyaan yang hampir selalu di tanyakan (ini pun menurut pengalaman ane lagi)hehe..Tapi tetap aja sebaiknya agan mengetahui semua poin yang ada di atas yah bukannya lebih banyak peluru lebih bagus (loh emangnya mau perang..??eh melamar kerja kan bisa juga di katakan mau  berperang..hehe)..

Yah ane rasa cukup sekian, semoga ada manfaatnya..

wassalam..

About these ads

18 thoughts on “TIPS MENJAWAB PERTANYAAN PADA TES WAWANCARA KERJA

  1. Ping-balik: CARA BERSIKAP KETIKA MENGHADAPI TES WAWANCARA | BERBAGI ILMU

  2. Ping-balik: PERSIAPAN MELAMAR PEKERJAAN | BERBAGI ILMU

  3. mantap, mnrut pengalaman sy jg bro ,,, point2 pertanyaan diatas… emg sering jg dpertanyakan … tks atas solusi jawaban wawancrany

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s