REINKARNASI MENURUT ISLAM

Banyak orang pada saat sekarang ini yang selalu mempertanyakan benarkah reinkarnasi itu ada..??

bagaimana menurut pandangan islam,.??

Apalagi ada beberapa kejadian nyata yang mendukung tentang reinkarnasi, seperti kisah kehidupan seorang anak, bernama Tang Jiangshan yang lahir pada tahun 1976 di Dong Fang, Kecamatan Gan Cheng, propinsi Hai Nan, China yang mengatakan bahwa dirinya pernah hidup di masa lampau (baca artikelnya : disini). Atau kejadian yang pernah diliput  Harian Inggris The Sun yang dimuat di internet berita tentang seorang anak lelaki yang bisa mengingat masa lampaunya. Anak lelaki berusia 6 tahun yang bernama Cameron Macaulay (baca artikelnya : disini).

bagaimana menerut anda tentang kejadian tersebut?benarkah ini bisa membuktikan bahwa reinkarnasi itu ada dan nyata?

dan jawabanya ada yang percaya dan ada juga yang tidak.
salah satu  pendapat yang tidak percaya tentang reinkarnasi berkata demikian : sebagai orang percaya akan Tuhan, saya tidak percaya dengan re-inkarnasi , semua roh orang yang sudah meninggal tidak mungkin dilahirkan kembali tetapi akan kembali kepada TUHAN yang menciptakannya
hal yang seolah -olah nampak seperti reinkarnasi adalah kerjaan si iblis untuk menipu manusia.
dan ada pula orang-orang yang mengaitkan ayat ini sebagai bentuk pembenaran tentang adanya reinkarnasi:
QS. al-Baqarah (2): 28: “Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia menghidupkan kamu lagi. Dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”
Hal ini jelas berbeda dengan ajaran reinkarnasi dalam agama tertentu. Reinkarnasi menurut agama tertentu, adalah kita hidup di dunia, kemudian kita mati di dunia, kemudian hidup lagi di dunia, kemudian mati lagi di dunia, kemudian hidup lagi di dunia, kemudian mati lagi di dunia. Taroklah, dalam kurun waktu 2000 tahun (masehi), bila rata2 kita hidup selama 50 tahun, maka berarti kita telah mengalami 40 kali hidup dan 40 kali mati. Dan logikanya, bila teori reinkarnasi ini betul adanya, maka jumlah manusia di dunia ini tentunya tidak akan bertambah karena yang hidup di dunia ini cuma dia-dia saja, tidak ada yang baru. Namun kenyataannya, saat ini sudah lebih dari 10 milyar manusia yang hidup di bumi ini.
Dan maksud dari kata ‘mati’ di awal ayat ini adalah, tidak ada. Sebagaimana sudah lazim bahwa bahasa arab sangat kaya akan makna. Maksud terperinci dari ayat ini adalah sebagai berikut :- Tadinya kamu mati                         –> tidak ada- kemudian dihidupkan                                 –> di dunia

- kemudian dimatikan                                   –> di dunia

- kemudian dihidupkan                                 –> di akhirat

Jadi tafsir itu tidak disebut sebagai reinkarnasi, melainkan tahapan kehidupan yang akan dilalui oleh setiap orang. Kehidupan di dunia ini sebagai kehidupan yang pertama, adalah tempat menanam, sedangkan akhirat sebagai kehidupan yang kedua, tempat memetik hasil (balasan).

Demikian, wallahu a’lam.

About these ads

161 gagasan untuk “REINKARNASI MENURUT ISLAM

  1. saya sengaja langsung kebawah karna pingin komeng dulu (yg penting komeng, drpd jadi silent reader…hehe :p )
    ijin nyimak dulu ya gan, saya pingin tahu nalar saya sampai dimana mengenai reinkarnasi ini…

    • agama itu adalah hasil dari bentuk tafsir terhadap keyakinan atas Tuhan. dan setiap oang berhak untuk menafsirkan tentang tuhan…termasuk Nabi Muhamad. jadi Nabi Muhamad itu dipercaya oleh islam sebagai sambungan tangan dari tuhan. tapi jika dilihat dari sudut pandang sejarah bahwa pancama veda yang merupakan kitab suci agama hindu termasuk diantaranya Bhagawadghita lahir setelah orang menafsirkan tuhan sekitar 5000 tahun lalu, budha 2500 tahun, injil 2000 thaun dan terakhir al-qur’an yang merupakan satu aliran dengan injil. jadi bisa dibilang kitab suci setelah veda lahir setelah orang mencoba menafsirkan veda itu sendiri, dimana ada orang yang bisa menafsirkan secara utuh dan ada juga yg tidak tergantung kemampuan individu masing-masing.
      sekarang ada orang yang meyakini bahwa agamanyalah yang paling sempurna sementara dia tidak faham dan tahu fakta nya seperti apa, dan mengatakan bahwa yang berbeda pandangan sebagai kuam tertentu….dan banyak yang menganggap bahwa orang yang menafsirkan kitab sucinya dan tidak sefaham dengan penafsir itu dikatakan akan masuk neraka. pertanyaannya : apa , seperti apa, dan dimanakah neraka itu…? banyak orang menafsirkan neraka itu adalah tempat terkutuk dialam setelah kematian, sementara kita tidak tahu alam kematian itu seperti apa….!!! bagaimana kalau kita balik penafsiran kita tentang itu yang didasari oleh konsep jiwa atau roh yang diyakini oleh setiap agama bahwa itu ada. katakanlah roh itu berasal dari dunia ketuhanan yang mana dia terlahir sebagai manusia untuk menjalankan hukuman untuk memperbaiki keberadaannya, maka akan diperoleh kesimpulan bahwa neraka itu adanya di dunia kita saat ini…yaitu neraka adalah kehidupan manusia yang menderita dan sengsara sementara sorga adalah kehidupan manusia disaat berbahagia dan sejahtera, oleh karenanya hidup manusia itu tidak ada yang sempurna selalu ada dua hal baik dan buruk, dan ketika orang mendapati kebahagian terus menerus barulah dia akan terbebas dari kesengsaraan ( neraka ) yang mana sangat ditentukan oleh prilaku kita pada saat menjalani hukuman ( hidup ) didunia. dan hal ini sangat masuk akal jika kita hubungkan dengan konsep reinkarnasi ( hukuman) untuk terlahir dan menjalani hidup sebagai manusia. untuk menjalankan hukuman ini kita harus berpegang pada prinsip ketuhanan dimana disetiap individu akan disertakan bibit sifat-sifat tuhan ketika menjalani hukuman ( hidup ) untuk dikembangkan semaksimal mungkin agar bibit itudapat tumbuh menjadi tuhan itu sendiri, dan itulah pencapaian tertinggi manusia yang dikenal sebagai MOKSAH dimana Roh tidak akan terlahir lagi sebagai manusia untuk menjalani hukuman.
      ada yang bilang bahwa Nabi itu utusan tuhan……kalau memahami uraian diatas ada pertanyaan yang muncul, apakah Nabi itu Tuhan ? tentu jawabanya tidak…dan kalau tidak apakah Nabi itu menafsirkan tentang tuhan secara sempurna ? juga tidak. maka terdapat kesimpulan bahwa orang yang menganggap orang lain berbeda keyakin sebagai kaum kafir sangatlah tidak bijaksana dan sangat jauh dari sifat-sifat ketuhanan yang kita tuju.
      Banyak juga yang mengatakan bahwa agama tertentu menyembah berhala….maka muncul pertanyaan : kemanakah kiblat anda saat bersembahyang…? ada apakah di arah kiblat itu…? dan apakah kiblat yang dituju itu tuhan..? jawabanya tentu TIDAK. nah sekarang apakah perbedaan antara berhala yang anda anggap digunakan orang itu sama ataukah beda dengan yang anda punya …? sementara dikeyakinan lain menganggap bahwa yang dikatakan berhala itu hanyalah MEDIASI bukan sebagai Tuhan, sama hal nya dengan jika anda ingin berkomunikasi dengan orang yang jauh disana dan tak terlihat didepan kita, tentu anda harus menggunakan media entah itu surat, email, ataupun handphone, ketika anda memerlukan mediasi tersebut apakah anda ingin dianggap berkomunikasi dengan handphone atau mediator nya? tentu tidak, karena sejatinya anda ingin berkomunikasi dengan orang yang jauh tersebut. maka anda dapat simpulkan sendiri dan fahami penafsiran anda tentang agama terlepas benar atau tidaknya agama anda dengan yang lain karena AGAMA sejatinya juga sebagai mediasi untuk mencapai sifat-sifat ke Tuhanan untuk tidak menjalani hukuman ( hidup ) sebagai manusia.

  2. Mohon untuk dijawab dengan jujur..

    Jika seandainya Tuhan memberikan kita kesempatan untuk kita memilih menjadi siapa bagaimana dan dimana dilahirkan ke dunia yang HANYA sekali ini saja, Apakah kita mau memilih untuk dilahirkan di negara atau wilayah yang sedang berperang? setiap harinya diliputi rasa kekhawatiran? atau dilahirkan menjadi orang yang miskin, sengsara, hidup yang sungguh sulit, harus menjadi pemulung atau pengemis, melihat anak kita sakit dan tidak memiliki biaya berobat? Atau dilahirkan dengan cacat fisik, bodoh, buta, atau anggota tubuh yang tidak lengkap?

    Atau kita ingin dilahirkan di tempat yang sejuk dengan alam yang masih indah, di wilayah yang damai tidak ada peperangan, atau dilahirkan di keluarga orang yang berada atau kaya dengan lahir sempurna, memiliki paras cantik atau tampan, pintar? JUJUR yang mana akan kita pilih?

    Apakah Tuhan itu adil?? mengapa ada orang yang dilahirkan dengan penderitaan? dan sebagian lainya dengan kondisi yang berbeda?.. mengapa Tuhan memberikan penderitaan di dunia ini kepada orang-orang tersebut dan yang lainnya mendapatkan kebahagiaan di dunia ini? Apakah alasan dari Tuhan mengapa kita dilahirkan dengan keadaan kita sekarang?

    Tuhan maha adil akan seluruh ciptaanNya, tidak melihat apa agamanya, apa suku bangsanya, siapapun dia tidak terkecuali. Tuhan tidak menciptakan mahluknya dengan sengaja agar masuk neraka, surga tidak diciptakan khusus untuk agama tertentu. Kasihan sekali jika orang-orang non muslim (kafir) walaupun misalnya semasa hidupnya banyak berbuat baik tetapi hanya karena ia tidak beragama islam kemudian ia masuk neraka? jika memang benar demikian mengapa Tuhan menciptakan orang-orang tersebut? yang “sudah pasti” akan masuk neraka? dimana keadilan Tuhan?

    Segala sesuatu mengenai kelahiran dan keadaan kita ke dunia ini adalah hasil dari perbuatan kita sendiri dikehidupan kita kita terdahulu dan bukan karena takdir Tuhan, banyaknya dosa atau perbuatan baik yang dilakukan selama menjalani kehidupan akan diperhitungkan ketika kita meninggal, apabila dosa yang diperbuat lebih besar dari pahala kita, maka kita akan masuk neraka, begitu pula sebaliknya apabila pahala kita lebih besar dari dosa maka kita akan masuk surga, berapa lama kita akan menikmati hasil kita di surga atau neraka? tergantung besar kecilnya dosa atau pahala kita, namun selama kita masih memiliki dosa, Tuhan akan memberikan kesempatan untuk kita dilahirkan kembali ke dunia untuk memperbaiki dosa-dosa kita tersebut tentunya dengan membawa serta karma dari kehidupan kita sebelumnya, jadi inilah hakekat TUJUAN HIDUP di dunia ini, memperbaiki dosa-dosa yang pernah kita perbuat dengan berbuat sebaik-baiknya dengan harapan kelak menjadi manusia dengan derajat yang lebih tinggi.

    Konsep reinkarnarsi adalah yang paling logis kenapa kita dilahirkan ke dunia.

  3. Kalau blm paham reinkarnasi jgn ngom atau kasih penjelasan.dalam islam kan yg berbau mistik dan roh g d jelaskan d alquran..karna d alquran cm bs jawab hanya allah yg tau..hindu menjelaskan ketika km reinkarnasi pada waktu yg lampau km berbuat jahat maka tuhan akan mengirim km k dunia utk memperbaiki kehidupan n kesalahan mu yg dulu.apa bila telah berhasil km memperbaikinya maka tuhan akan menstop reinkarnasi km dan menempatkan km mnjadi satu dengannya damai sentosa yg tdk ada d dunia.klo km matikan pst berdoa semoga rohnya d terima d sisinya..padahal dia udh membunuh n berbuat jahat emang tuhan mau nerima walaupun dia maha segalanya pemurah pengampun…?tuhan maha segalanya dia bs memercikan sinar suci utk menciptakan roh baru..qkarena dia lah roh terbesar.bukan zat padat atao cair..makanya pelajari kitab agama lain jgn km ngom sok tau n menjelekan agama lain..proud to be hindu

  4. konsep reinkarnasi itu benar adanya…tanpa kecuali….bagai sinar matahari yang terbit dari timur…menyinari seluruh alam semesta beserta isinya….baik yang percaya ataupun yang tidak….

  5. rata rata umat islam tidak mau membenarkan reinkarnasi karena menganggap ajaran agama lain salah dan hanya islam lah yang benar.seharusnya mindset spt itu di buang jauh jauh demi kebenaran.

    • Trus apa ajaran agama anda beranggapan klo agama ane ama agama lain itu benar..??
      Agama anda apa..??
      Jd agama yg anda anut tdk bener ya..??
      Buat apa memeluk agama yg ajarannya aja tdk berani mengatakan klo agamanya benar dan yg lain tdk..??!!

    • dalam islam itu tidak diterangkan tentang rengkarnasi dan jga rengkarnasi itu memang tidak ada.. rengkarnasi itu adalah bentuk pembodohan ahlak dan tauhid.. dalam islam allah memiliki sifat yg maha kaya dan maha besar..intinya allah tidak mungkin menciptakan manusia yg itu2 saja dgn roh yg sama walaupun berbeda jasad.. sekali lgi itu hanya pembodohan ahklak…
      dan satu lgi mslh agama.. itu memang sedikit sensitif.. orang non islam selalu komplin kalau orang islam selalu mengatakan bahwa agama islam itu benar.. kenyataanya benar.. namum perlu diluruskan bahwa agama sebelum islam beserta kitabnya (injil,zabur,taurat beserta ajaran nabi yg lain) itu adalah agama yg benar,msh suci dan belum terjmh oleh nafsu manusia… namun ketika nabi muhammad “turun” barulah semua diluruskan dan disempurnakan.. landasannya kata allah dalam sural almaidah (5).3.”pada hari ini telah aku sempurnakan agamamu untuk mu dan telah aku cukupkan nikmatKU bagi mu dan telah aku ridhoi islam sebagai agamamu”..

  6. mau percaya reinkarnasi atau tdk percuma ? yg penting kita hidup yg baik jujur dan selalu bersukur, kalau kita hidupnya didunia baik di akherat juga naik sorga, kalau reinkarnasi mungkin akan lahir jadi orang tampan pinter anaknya ulama besar yg kaya dsb, tp kalau didunianya kacau di akherat akan masuk neraka kalau reinkarnasi akan lahir jadi orang cacat ibunya pelacur murahan bapaknya pencopet miskin lagi, ngeri tenan to…?

  7. Kalo reinkarnasi itu ada, buat apa kita berbuat baik dan menahan hawa nafsu kita yg enak-enak dan asyik-asyik, toh nti jga di hidupin lgi k dunia?!
    Buat apa kita ta’at aturan agama, toh nanti jga di kasi lgi kesemptan lahir lgi k dunia untk perbaikan nilai rapot yg jelek-y ( bahasa skolah = di her… )
    Buat yg merasa Allah SWT itu tidak adil karna sudah dilahirkan di keluarga tidak mampu ato krna sudh d lahirkan d aliran kepercayaan di luar Islam, silahkn d buka Al-Quran Surat Al – A’ARAF ayat 172 s/d 174…

  8. apakah dengan menyatakan klo di islam juga ada re inkarnasi lalu opini akan di bawa ke sebuah sisi bahwa islam adalah yang paling benar? kalau memang muslim mempercayai re inkarnasi kenapa tidak di jelaskan dalam gamblang dalam alquran sehingga tidak menimbulkan keraguan, sama sperti sikap tegas kepada kaum kafir (di luar muslim) yg layak untuk di pukul batang lehernya?

  9. Reinkarnasi adalah sebuah keyakinan Universal dalam semua agama. Begitu juga dalam agama islam. Salah satu buktinya, tentang bayi dilahirkan tidak semuanya suci,. Memang ada hadits yang menyatakan bahwa setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan suci.
    Salah satu bukti lain bahwa setiap bayi yang lahir dalam kondisi tidak suci adalah status anak hasil zina, kelahirannya karena bukan dari hasil pernikahan sehingga menjadi illegal. Ada sebuah hadits:
    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ, قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”لا يَدْخُلُ وَلَدُ الزِّنَا الْجَنَّةَ، وَلا شَيْءٌ مِنْ نَسْلِهِ إِلَى سَبْعَةِ آبَاءٍ”.(رواه الطبرانى(
    Diceritakan dari Abu Hurairah r.a Rasulullah SAW bersabda: “Tidak masuk surga anak hasil zina dan tidak satupun dari keturunan mereka sampai tujuh turunan”. (Hr. Tabrany)
    عَن ْعَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَو بن العاص, قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”لا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ وَلَدُ زَنِيَةٍ”. (رواه ابن حبان فى صحيحه)
    Diceritakan dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak masuk surga yaitu anak dari wanita pezina “. (Hr. Ibnu Hibban)
    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : ” لا يَدْخُلُ وَلَدُ زِنْيَةٍ الْجَنَّةَ ” .
    Dari Abu Hurairoh berkata: Aku mendengar Raulullah Saw. Bersabda: ” Tidak akan masuk surga anak zina”. (Hr. An-Nasai)

    Dari hadits-hadits di atas, ternyata ada beberapa kasus bayi karena hasil zina, sehingga mendapatkan hukuman tidak bisa masuk surga, bahkan sampai tujuh turunan. Mengapa hal itu bisa terjadi, dosa apakah bayi tersebut…?
    hadits tentang anak hasil zina (illegal lahir) adalah tidak masuk surga, sungguh sangat menegaskan bahwa memang benar-benar ada dalam dunia ini jiwa yang terlahir karena mempunyai jejak rekam yang negatif, yang suka berbuat jahat dan maksiat kepada Allah, mereka yang mencari rizki, jabatan dan kedudukan dengan cara harom, maka jangan heran jika dilahirkan kembali menjadi anak illegal lahir.
    Untuk lebih lengkapnya lihat di :
    http://cahayagusti.blogspot.com/2012/09/reinkarnasi-dalam-al-quran-dan-hadits.html

  10. Pertama2 saya ingin menyebut tokoh islam yg percaya reinkarnasi : jallaludin rumi,kahlil gibran (sudah meninggal tapi bisa dilihat dari syair mereka),Sultan HB 10 + kerabat2 keraton yogya(silahkan anda tanya sendiri kalau ga percaya),Soekarno,Soeharto klo bisa ngomong skrg di sini,,,saya yakin beliau percaya reinkarnasi..
    Oke,dalil tentang reinkarnasi ada di surat al israa ayat 49-51 (ayat ini bersifat terang2an & vulgar)..nah klo masalah akhirat itu sama aja hari akhir (berarti pengadilan)mau di reinkarnasi jadi apa …
    Al qur’an membenarkan kitab2 terdahulu,kitab terdahulu itu bisa taurat (yahudi),zabur,injil (nasrani),tripitaka(budha),weda(hindu)..
    Oke,dalilnya ada di surat al-maidah ayat 48…kita sepakat ada rasul2 selain 25 rasul?sepakat…berarti Sidharta Gautama termasuk rasul Allah..oke?hanya orang yg berpikiran picik dan bodoh yg menganggap wahyu Allah hanya milik orang arab…Sidharta Gautama sudah jelas sejarahnya mengungkap reinkarnasi..klo rasul hindu saya ga hafal…oke
    Dalil sudah lengkap semua,surga dpt 72 bidadari,neraka dibakar itu hanya perumpamaan (metafora)…
    Terserah percaya atau enggak reinkarnasi,tidak penting bukankah orang yg PALING MULIA di sisi Allah itu orang yg PALING BERTAQWA.. BUKAN ORANG YANG BER-KTP KRISTEN,ISLAM,HINDU,BUDHA…Hehehetau definisi bertakwa kan?..klo belum silahkan ubek2 Al-qur’an buat dikaji…
    saya memaklumi juga anda ga percaya reinkarnasi di islam,karena level anda masih syariat (maaf sombong)…moga2 anda bisa menemukan pembimbing sejati hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s